Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mendaftarkan Lokasi Bisnis Usaha di Google Maps


Google Map adalah sebuah layanan dari google yang memudahkan para pengguna untuk menemukan tempat menarik seperti tempat wisata, makan, tempat nongkrong dan tempat yang seru lainnya. Tapi apa kalian tahu kalau usaha kita juga bisa daftarkan ke Google Map, ada banyak sekali keuntungan yang akan di dapat jika bisnis kita di daftarkan ke google map.


Fitur Google Maps Terbaru

Dalam update terbaru ada beberapa fitur google map yang belum banyak orang mengetahui nya, fitur ini tentu akan memudahkan penggunanya apa aja itu fitur tersebut ini dia.

1. Dapat diakses Secara Offline

Fitur pertama dari google maps adalah dengan dapat diakses secara offline, dengan fitur ini tentu akan menghemat kuota kalian. Cara mengaktifkan fitur ini cukup klik aja menu kemudian klik "Offline Map" kemudian Download maps tersebut.

Setelah itu atur berapa jauh jarak yang kalian unduh, dengan ini kalian akan menghemat kuota bila ingin akses Google Maps ini.

2. Share Loction

Bila kita tau kalau whatsapp yang bisa share lokasi dimana kita berada, di Google Maps ini juga kalian share lokasi juga. Dengan fitur ini tentu kalian akan mengetahui dimana tempat teman kalian secara realtime.

3. Pesan Transportasi Online

Selanjutnya Google Maps juga ada fitur pesan transportasi online seperti ojek online misalnya. Dengan fitur ini kalian cukup memilih lokasi kalian berada dan tempat tujuan kalian, maka secara otomatis akan menunjukan harganya.

4. Menunjukan Riwayat Lokasi

Di Google Maps ini juga sudah dilengkapi dengan fitur riwayat lokasi, jika kalian lupa kalian sudah jalan kemana aja maka kalian bisa liat riwayat lokasi kalian dimana aja sudah dikunjungi sebelumnya.

Caranya untuk mengetahui riwayat lokasi cukup kalian pilih menu kemudian pilih 'Your Timeline' kemudian pilih tanggal kalian yang ingin dipilih.

5. Isi Review Tempat

Kalian juga mengisi review tempat yang pernah kalian kunjungi, jika kalian berkunjung ke tempat wisata atau restoran kalian bisa di review atau memberikan ulasan apakah tempat tersebut bagus atau jelek menurut kalian.

Nah itulah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Google Maps yang mungkin kalian belum pada tau.

Setelah tau keunggulan Google Maps sekarang saya akan memberi tutorial cara menambah usaha ke google maps, bagaimana caranya berikut ini adalah langkah - langkah nya.

Cara Menambahkan Bisnis Ke Google Maps Terbaru

Ada dua cara agar bisa menambah bisnis di google maps yaitu dengan melalui desktop dan melalui android. Daripada penasaran kalian bisa lakukan Langkah berikut ini

Cara Menambah Bisnis Melalui Dasktop


  • Langkah pertama kalian harus buka browser di PC / Komputer atau Laptop kamu 
  • Kemudian buka Google Search dan Cari aja Google Maps
  • Setelah membuka Google Maps selanjutnya klik tiga baris yang ada di pojok kiri atas
  • Klik tambahkan Add Your Bisnis
  • Kemudian isi Pop Up dengan Jelas dan Detail seperti Email, Tempat, Alamat, Nama, Nomor telepon, website dan Gambar Lokasi Terbaru 
  • Atur Pointer agar memudahkan pencarian seperti isi Pop Up kemudian klik Sumbit.
  • Periksa email kalian apakah data yang kalian masukkan benar atau tidak jika berhasil maka Google akam review usaha tadi yang telah terdaftarkan
  • Jika kalian tidak mendapatkan email dari Google itu berarti data kalian masukkan gagal
  • Agar rumah atau usaha yang daftar pada google akan membutuhkan waktu yang cukup lama agar bisa aktif. 

Cara Menambah Bisnis Melalui Smartphone Android


  • Langkah pertama buka aplikasi Google Maps pada smartphone kalian 
  • Kemudian pilih baris tiga yang ada di kanan atas
  • Kemudian scroll ke bawah kemudian pilih "Tambah Tempat" maka akan muncul pop up
  • Kalian isi from tersebut seperti nama tempat, alamat, jam buka tutup, nomor telepon dan awal buka tempat tersebut 
  • Langkah selanjutnya uploud foto tempat bisnis kalian
  • Kemudian klik kirim jika semua sudah terisi dengan benar
  • Google akan meninjau tempat tersebut, dan jika disetujui oleh google maka akan langsung aktif.

Itulah sedikit tutorial mengenai cara menambah bisnis di google maps, semoga artikel ini bisa bermanfaat. Jangan lupa tanya dikomentar jika kalian masih bingung. 

Posting Komentar untuk "Cara Mendaftarkan Lokasi Bisnis Usaha di Google Maps"